Rabu, 16 Februari 2011

PENGANTAR SEJARAH PERJUANGAN SAMIN

Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa maka telah dapat tersaji buku ini sebagai wahana para pembaca dan pemerhati terhadap riwayat kehidupan keluarga Ki Samin Surosentiko yang berada di Dusun Jepang Desa Margomulyo Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.
Buku ini merupakan saduran dari buku asli milik Ki Samin Surosentiko yang berjudul “ PAMELING KALIMOSODO” serta pesan terakhir dari Surokarto Kamidin yang merupakan keturunan ketiga dari Ki Samin Surosentiko kepada Hardjo Kardi keturunan keempat yang saat ini bertindak sebagai sesepuh warga Samin di Dusun Jepang Desa Margomulyo, Kecamatan Margomulyo, Kabupaten Bojonegoro.
Buku Asli Pameling Kalimosodo adalah buku pedoman Ki Samin Surosentiko yang bertuliskan Bahasa Jawa Dwipa yang saat ini di simpan dengan baik oleh pemangkunya yaitu Hardjo Kardi.
Pembaca dan pemerhati yang budiman
Ajaran Ki Samin Surosentiko tentang kebenaran, kejujuran, kerukunan serta membenci penjajah, baik Belanda Maupun Jepang tertanam dalam hati para keturunannya, namun sejak awal Ki Samin Surosentiko bercita-cita untuk memperoleh bangsa yang dipimpin oleh bangsanya sendiri.
Untuk itu sesuai dengan perkembangan jaman serta keberhasilan pembangunan masyarakat di Kabupaten Bojonegoro keturunan Ki Samin Surosentiko yang saat ini disesepuhi oleh Hardjo Kardi telah dapat berkembang seperti masyarakat Desa lainnya, bahkan mempunyai kelebihan dalam hal kejujuran, kebenaran, kerukunan dan ketaatan kepada aparatur pemerintah.
Berkaitan dengan lahirnya buku ini, maka diharapkan semua pihak dapat memahami isi dan maksudnya sehingga angapan yang selama ini berkembang yaitu “ masyarakat Samin sebagai masyarakat terbelakang dan terisolir” dapat dihapus karena tidak sesuai dengan keadaan sebenarnya.
Demikian untuk dijadikan maklum dan terima kasih.

Margomulyo, Januari 1996
Camat Margomulyo

Ttd

Drs. M. MAftuchin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar